Laporkan Penyalahgunaan

Tags

Recent Posts

Recent Comments

Nature

Facebook

Popular Posts

Bumi Berduka

Posting Komentar

Bumi Berduka

September hitam,
aku terusir dari langit
kau harus pergi, ujar tuan segala
sebelum setan menggantikan jiwamu,
lalu aku terempas,
tiba bertengger di cabang beringin
berharap menjumpai ibuku,

ia duduk bersenandung,
di papan basah meraba perut,
aku ular air yang datang meliuk-liuk padanya,
akan diapakan diriku, pikirku,
apakah aku disebat? ditebas? atau dirajam hingga binasa?
aku ingin tahu,
bagaimana dunia (ibu) bekerja,

ibu menampar air tujuh kali,
menggertakku sebelum mencapai seberang,
aku girang menerjang riang jasadku di perutnya,
"betapa lemah lembutnya engkau melawanku! bawalah aku ke duniamu, ibu! aku ingin jadi manusia!"

ibuku manusia,
tetapi tak semua manusia adalah ibu,
sebagian laki-laki haus di bumi berkuasa
menguras, merampas, melibas
yang dapat ditebas,

laki-laki yang rakus
mengutus laki-laki boneka
membedil dada kurus
orang-orang sekarat,

bawa aku ke pangkuanmu, ibu,
biar kuceritakan sesal-sesalku di dunia
yang tak berdaya
melihat anak-anakmu yang lain celaka,

E.S.

08.09.23

Eki Saputra
Eki Saputra (EI), pemilik hobi menulis ini lahir di Prabumulih, Sumatera Selatan. Seorang penulis lepas, penikmat karya sastra dan film pendek. Tulisannya berfokus pada isu kemanusiaan, kesetaraan gender, dan lingkungan.

Related Posts

Posting Komentar