Laporkan Penyalahgunaan

Tags

Recent Posts

Recent Comments

Nature

Facebook

Popular Posts

Lampu-Lampu

Posting Komentar
aku takjub,
pada lampu-lampu yang menyala
terang di kepalamu,
dan di kepala mereka itu, 
sungguh menyilaukan mataku,
setiap kali kau berucap--dan mereka bertepuk, berdecak, bersorai
maka makin benderang, makin cemerlang, 
lampu-lampu itu 
seperti pijar ilahi
yang menyorotiku sedang berlari
tak mau lagi menatap kau--nyaman nian aku, berkubang di dalam kegelapan ini,

dan ia bukan nestapa, 
kegelapan adalah saudaraku--bila kau mau tahu,
tak pernah sesulit itu aku hidup berakur
dan berbaur dengannya, 
dia, melihatku sebagai manusia,
tapi sebagai harga, telah aku lepas lampu-lampu di kepala ini,
tak bersisa, sehingga lupa
bahwa aku pernah lahir
dengan bohlam-bohlam berat,
menyengsarakan sepertimu, seperti mereka,

lihat, kau meragukanku, 
sebab apa, katamu,
manusia membongkar lampu di kepalanya, 
itu mustahil,
ada seonggok daging tanpa lampu,
pastilah aku datang dari awang-awang jauh,
atau anak kegelapan yang mengembara 
ke alam manusia,

ai, lampu-lampu yang kau punya, 
bisa kupecahkan hari ini--bila kau mau tahu, 
tapi biar, biar akan tunjukkan padamu,
suatu hari, kau bakal kehabisan cahaya sendiri,
dan kau tak sudi, melepas lampu-lampu lemah,
yang bertahun-tahun 
bertengger di atasmu,

kegelapan kau kutuk--saudaraku yang kau rutuk,
ia akan memberimu rumah, 
namun kau sesak berkurung di dalamnya,
makan di dalamnya,
tidur di dalamnya, 
apakah tidur atau bangun, 
semua ini sama!
kebakaan ini menakutimu, 
pikir kau damai adalah tumpukan lampu-lampu setinggi gunung,
pikir kau damai adalah terang tak berhingga, 

lagi, kau tanyakan, sebab apa,
aku lepas lebih awal lampu-lampuku?
aku tak punyai jawabannya, 
kecuali satu alasan, 
aku tidak butuh lampu-lampu
untuk melihat diriku,
dan aku tak tak mau
memusuhi kegelapan,
sebab ibuku dari ketiadaan,


17 Juli 2022

Ilustrasi oleh Pixabay.com
Eki Saputra
Eki Saputra (EI), pemilik hobi menulis ini lahir di Prabumulih, Sumatera Selatan. Seorang penulis lepas, penikmat karya sastra dan film pendek. Tulisannya berfokus pada isu kemanusiaan, kesetaraan gender, dan lingkungan.

Related Posts

Posting Komentar