Laporkan Penyalahgunaan

Tags

Recent Posts

Recent Comments

Nature

Facebook

Popular Posts

Buas

# Buas

Siapa yang paling buas daripada aku?
tanpa taring, aku dapat menelan
                    yang tidak dimakan
Tidak penting cakar dan kekuasaan
cukup dengan kekayaan
dan senyum kemurahan hati
Sebuah senyum artifisial keji di wajah polosku terpancar
Dan dengan kata yang licik dan terselubung
mengunci nurani orang-orang naif
lalu kugunakan akal (tanpa budi) dan tipu daya hinaku
Aku ingin memperolok-olok dunia
agar kau tahu, uang bisa membeli semua yang tidak bisa dibeli kau sampai mati.

Pada suatu hari, aku kan bertitah pada  penghamba uang:
"Bawakan aku, sepuluh atau dua puluh spesies  macam itu, dengan kepala atau tanpa kepala! Kulit atau tulang! Bawakan aku darah-darahnya! Baik-baik atau binasakan! Bawakan aku rumah-rumahnya! Garap atau bakar sekalian. Aku tidak peduli!"

Siapa yang paling tamak dibandingkan itu?
mungkin ada
atau aku sendiri, jawabmu
Bila benar, kau patut berbangga
sungguh pun ini bukan kebetulan,
rupanya kau adalah aku
makhluk berhati dingin
mahluk suci segalaksi bimasakti.


Eki Saputra

08 Mei 2022


Foto oleh Sayantan Kundu.

Eki Saputra
Eki Saputra (EI), pemilik hobi menulis ini lahir di Prabumulih, Sumatera Selatan. Seorang penulis lepas, penikmat karya sastra dan film pendek. Tulisannya berfokus pada isu kemanusiaan, kesetaraan gender, dan lingkungan.

Related Posts

Posting Komentar